UB Jalin Kerjasama dengan Kabupaten BatuBara Reviewed by Momizat on . Universitas Brawijaya memulai jalinan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Batu Bara yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan pada hari ini, Rabu Universitas Brawijaya memulai jalinan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Batu Bara yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan pada hari ini, Rabu Rating: 0

UB Jalin Kerjasama dengan Kabupaten BatuBara

UB Jalin Kerjasama dengan Kabupaten BatuBara

Universitas Brawijaya memulai jalinan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Batu Bara yang ditandai dengan penandatanganan

nota kesepakatan pada hari ini, Rabu (23/03), di gedung rektorat UB.

Kerjasama mencakup pelaksanaan pengiriman mahasiswa di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UB.

Bupati Batu Bara, OK Arya Zulkarnaen mengatakan daerahnya kaya akan potensi perikanan dan kelautan. Namun seperti daera-daerah baru hasil pemekaran, daerahnya juga masih kekurangan sumber daya manusia untuk mengelola kekayaan daerahnya dengan optimal. Ia juga bertekad untuk membangun pelabuhan yang lebih baik dari daerah-daerah sekitarnya. “Daerah kami memiliki potensi pantai yang lokasinya strategis untuk pelabuhan. Pelabuhan terdekat ada di Belawan, namun ke depan kami akan membangun pelabuhan yang jauh lebih baik”, tuturnya.

Kabupaten Batu Bara adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Utara, hasil pemekaran dari Kabupaten Asahan pada tahun 2007. OK menceritakan, lokasi daerahnya yang berbatasan dengan selat Malaka mendorong sebagian besar masyaraktanya bekerja sebagai nelayan. “Lokasi Batu Bara itu hadap-hadapan dengan Malaysia. Kita sudah seperti bertetangga. Nelayan kami dan nelayan Malaysia menangkap ikan sama-sama, kadang jual beli ikan di tengah laut”, tuturnya. Dari situlah OK menyadari pentingnya aspek pemasaran hasil perikanan daerahnya. “Maka dari itu kami ke sini untuk mendalami ilmu-ilmu perikanan”, ujarnya. Ia mengaku sebelumnya sudah bertemu dan diskusi dengan Dekan Fakultas Perikanan UB Edy Suprayitno mengenai prospek akademik dan memutuskan untuk menjalin kerjasama.

Rektor Yogi Sugito juga bersepakat untuk menjalin kerjasama dengan Pemkab Batu Bara karena saat ini UB memiliki semangat untuk memperbanyak mahasiswa dari luar Jawa. “UB memiliki sebaran mahasiswa yang asalnya dari berbagai macam daerah. Tentu kami gembira jika bisa bekerjasama dengan pemerintah kabupaten Batu Bara”, ujarnya. Menurutnya, kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat ini awalnya akan diwujudkan dengan penerimaan mahasiswa dari Pemkab Batu Bara melalui jalur Seleksi Program Kemitraan Daerah (SPKD).

Tinggalkan Komentar

Copyright PEMKAB BATU BARA © 2014 Hak Cipta di Lindungi Pemerintah. Ini situs bersifat informatif bukan merupakan legal opinion dari BAPPEDA Kab. BATUBARA. Apabila terdapat data elektronik bassed yang berbeda dengan data resmi paper, maka yang menjadi acuan adalah data resmi paper based.

Translate ¬Ľ
Kembali ke atas