Tata Ruang Kawasan Ekonomi Khusus Selesai 2010 Reviewed by Momizat on . Kementerian Pekerjaan Umum segera menentukan tata ruang lima Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) setelah pemerintah menetapkan kota-kotanya. "Yang jelas, penataan ruan Kementerian Pekerjaan Umum segera menentukan tata ruang lima Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) setelah pemerintah menetapkan kota-kotanya. "Yang jelas, penataan ruan Rating: 0

Tata Ruang Kawasan Ekonomi Khusus Selesai 2010

Tata Ruang Kawasan Ekonomi Khusus Selesai 2010

Kementerian Pekerjaan Umum segera menentukan tata ruang lima Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) setelah pemerintah menetapkan kota-kotanya. “Yang jelas, penataan ruang kelima wilayah KEK akan kita selesaikan pada tahun 2010 ini,” Imam Ernawi, Dirjen Penataan Ruang, Kementerian PU, mengatakan kepada Business News di Jakarta, Selasa (29/6).

Dengan penataan ruang di lima KEK itu, selanjutnya Kementerian PU akan mendukung penyediaan infrastruktur jalan dan air bersihnya, sebelum akhirnya ditawarkan ke investor untuk menanamkan modalnya di kawasan tersebut.Rencananya, pemerintah akan mempromosikan KEK sebagai daerah investasi kepada tiga negara pada tahun 2011. Sementara ini, pemerintah masih menyiapkan berbagai peraturan yang mendukung pelaksanaan penyelenggaraan KEK.

Penetapan lima wilayah KEK sendiri diambil dari beberapa usulan daerah. Kelima KEK yang dipilih berada di wilayah Jawa dan Sumatera. Berbeda dengan Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu (Kapet), yang sifatnya lebih luas dan dimaksudkan untuk mengembangkan suatu wilayah agar bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di sekitarnya, KEK lebih bersifat khusus dan lebih siap dari segi infrastruktur dan insentifnya. Wk. Menteri PPN/Kep. Bappenas Diperlukan Perangkat Pengembangan KEK Lukita Dinarsyah Tuwo, Wakil Menteri PPN/Kepala Bappenas, mengatakan Peraturan Pemerintah (PP) turunan Undang-undang KEK sedang disiapkan dan diharapkan selesai tahun 2010.
“Ini baru (keluar) Inpres 1/2010 (BN No. 7935hal. 12B) tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Pembangunan Nasional yang juga mendorong pembentukan KEK. Oleh karena itu, diperlukan perangkat untuk mengembangkan KEK, tennasuk pembentukan dewan nasional KEK. Inpres 1/2010 menginginkan kelengkapan pembentukan KEK diselesaikan dalam 2010 ini”.Selain berupa PP, juga akan diterbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) tentang pemberian fasilitas fiskal dan skema pembiayaan infrastruktur di lokasi KEK, serta PMK untuk memadukan kawasan pelayanan pabean terpadu dengan KEK di lima lokasi.

Rampungnya peraturan terkait KEK dan beroperasinya lima lokasi KEK diharapkan dapat mendorong masuknya investasi sebesar Rp2.144,5 triliun sehingga target pertumbuhan ekonomi sebesar 6,3 persen pada tahun 2011 bisa tercapai.Pemerintah menginginkan agar sekitar 87% dari target investasi itu (Rpl.870 triliun) didapatkan dari masyarakat, sedangkan sisanya dipenuhi dari APBN. Pada tahap awal pengembangan KEK ini, pemerintah akan memulai pembangunannya di lima lokasi di Jawa dan Sumatera. “Memang dicantumkan sekitar lima yang akan dikembangkan sampai tahun 2014”.

Tinggalkan Komentar

Copyright PEMKAB BATU BARA © 2014 Hak Cipta di Lindungi Pemerintah. Ini situs bersifat informatif bukan merupakan legal opinion dari BAPPEDA Kab. BATUBARA. Apabila terdapat data elektronik bassed yang berbeda dengan data resmi paper, maka yang menjadi acuan adalah data resmi paper based.

Translate ¬Ľ
Kembali ke atas