RTRW Kabupaten Batubara disusun Reviewed by Momizat on . Medan Bisnis – Batubara - Rabu, 01 Jun 2011, Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), Kabupaten Batubara sedang disusun. Sebab, proses penyusunan RTRW Batubara tidak Medan Bisnis – Batubara - Rabu, 01 Jun 2011, Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), Kabupaten Batubara sedang disusun. Sebab, proses penyusunan RTRW Batubara tidak Rating: 0

RTRW Kabupaten Batubara disusun

RTRW Kabupaten Batubara disusun

Medan Bisnis – Batubara – Rabu, 01 Jun 2011, Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW),

Kabupaten Batubara sedang disusun. Sebab, proses penyusunan RTRW Batubara tidak perlu menunggu hasil padu serasi atau hasil dari pelepasan kehutanan yang diusulkan pihak Provinsi Sumatera Utara kepada Kementerian Kehutanan.

Hal itu disampaikan Yusmi Pranawati utusan dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU) pada acara Konsultasi Publik dan Sinkronisasi RTRW Kabupaten Batubara di Balai Resto, Kecamatan Sei Balai, Selasa (31/5). Acara itu dihadiri seluruh para SKPD Batubara, Ketua DPRD Batubara Selamat Arifin dan beberapa anggota DPRD lainnya, para camat, kepala desa dan tokoh masyarakat.Konsultasi itu menghadirkan nara sumber tim penyusun dan penyampai materi teknis RTRW Batubara dari Universitas Esa Unggul Jakarta yakni, Holiqurrahman Raus, Maizil, Made Wirayana, Benyamin Raus dan Dedi Satriana.   Yusmi dalam arahannya menyebutkan proses RTRW Provinsi Sumut pun sudah menunggu sampai dua tahun bahkan sudah menghabiskan dana Rp 2 miliar hingga Rp 3 miliar, namun tak juga selesai sebab menunggu proses dari Kementerian Kehutanan.

Menurut Yusmi dalam proses RTRW Batubara masih banyak lagi yang harus diperbaiki seperti komitmen yang jelas antara bupati dengan dengan pihak Propinsi Sumut mengenai kehutanan. Yusmi menyebut jika menunggu dari pihak Kehutanan proses RTRW Batubara akan menunggu sangat lama sebab harus menunggu Revisi SK Nomor 44 tentang Kehutanan.Untuk memproses RTRW Kabupaten Batubara, kata Yusmi, Kementerian PU mengeluarkan PP 15 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Tata Rruang yang tercantum dalam pasal 15 menyebutkan bahwa persetujuan proses RTRW dapat diterbitkan. Dalam prosesnya, ada dua versi yakni usulan berdasarkan persetujuan SK 44 Kementerian Kehutanan dan usulan perubahan dari Provinsi dan Kabupaten.

“Kementrian PU sudah mempersiapkan konsep percepatan usulan penerbitan RTRW Kabupaten Batubara berdasarkan usulan perubahan RTRW yang sama dari Provinsi dan Kabupaten,” kata Yusmi.Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Batubara, Jawawi mengatakan kegiatan itu merupakan tahapan penting dalam proses penyusunan RTRW Kabupaten Batubara dengan mengedepankan prinsip-prinsip peran serta masyarakat. Tujuan konsultasi tata ruang, katanya, untuk memberi kesempatan yang seluas-luasnya kepada masyarakat dan pemangku kepentingan (stakeholders) menyampaikan tanggapan, harapan, dan masukan positif.Selain itu, kata Jawawi tujuan kebijakan RTRW Batubara dalam 20 tahun ke depan mewujudkan daerah itu sebagai kawasan investasi maju yang berbasisi sektor agro, industri, jasa dan perikanan laut.

Tinggalkan Komentar

Copyright PEMKAB BATU BARA © 2014 Hak Cipta di Lindungi Pemerintah. Ini situs bersifat informatif bukan merupakan legal opinion dari BAPPEDA Kab. BATUBARA. Apabila terdapat data elektronik bassed yang berbeda dengan data resmi paper, maka yang menjadi acuan adalah data resmi paper based.

Translate »
Kembali ke atas