Pemprovsu Harus ‘Melirik’ Wisata Pulau Sejalan Program MP3EI Jadi Sumber Devisa Reviewed by Momizat on . Batubara, (Analisa) - DPRD Sumut menilai, Kabupaten Batubara memiliki sejuta potensi kepariwisataan yang sangat luar biasa yang selama ini terpendam, patut ‘dij Batubara, (Analisa) - DPRD Sumut menilai, Kabupaten Batubara memiliki sejuta potensi kepariwisataan yang sangat luar biasa yang selama ini terpendam, patut ‘dij Rating: 0

Pemprovsu Harus ‘Melirik’ Wisata Pulau Sejalan Program MP3EI Jadi Sumber Devisa

Pemprovsu Harus ‘Melirik’ Wisata Pulau Sejalan Program MP3EI Jadi Sumber Devisa

Batubara, (Analisa) – DPRD Sumut menilai, Kabupaten Batubara memiliki sejuta potensi kepariwisataan yang sangat luar biasa yang selama ini terpendam, patut ‘dijual’ ke mancanegara, jika dilakukan pengelolaan dengan maksimal.

“Ternyata Batubara itu memiliki potensi yang luar biasa di bidang kepariwisataan. Kalau dikelola dengan maksimal, dapat menjadi sumber pendapatan daerah,” ujar Wakil Ketua Komisi B DPRD Sumut T Dirkhansyah Abu Subhan Ali kepada wartawan, Senin (21/5) di ruang kerjanya gedung DPRD Sumut, usai berkunjung ke beberapa titik potensi pariwisata di Kabupaten Batubara, pada Kamis (17/5) lalu.

Tengku Dirkhansyah yang akrab dipanggil Diky mengakui, selain potensi wisata Danau Toba yang selama ini dimiliki Sumut, ternyata Kabupaten Batubara juga memiliki potensi pariwisata yang sangat menjanjikan dan dapat menjadi sumber masukan pendapatan (PAD) baik bagi kabupaten Batubara maupun bagi Propinsi Sumatera Utara.

Dicontohkannya, potensi alam yang dimiliki Pulau Salanamo dan Pulau Pandang milik Kabupaten Batubara tersebut menyimpan keindahan yang luar biasa dan kekayaan laut disekitar pulau tersebut yang ternyata dapat dimanfaatkan untuk olahraga memancing maupun snorkling dan diving.

Bahkan garis pantai yang dimiliki kabupaten hasil pemekaran Kabupaten Asahan itu juga sangat luar biasa indah dan patut dijual sebagai produk industri kepariwisataan Sumut. Salah satunya adalah Pantai Perjuangan yang terletak di Kecamatan Medang Deras, dikarenakan pasir pantainya yang putih bersih serta kontur pantai yang landai. “Semua itu adalah potensi besar yang harus dimanfaatkan dengan baik agar menjadi tujuan wisata andalan bagi pengunjung domestik maupun wisatawan mancanegara”, ujar Diky.

Kunjungan politisi muda Demokrat ini ke Kabupaten Batubara adalah dalam rangka memenuhi undangan Bupati Batubara H OK Arya untuk menikmati keindahan laut Batubara sebagai sesama pecinta olahraga jetski. Sekaligus H. OK Arya juga ingin menunjukkan secara langsung rencana program pengembangan kepariwisataan Kabupaten Batubara dan rencana pembangunan beberapa proyek di Kabupaten Batubara terkait pelaksanaan program MP3EI.

Hadir dalam kunjungan tersebut, Ketua DPRD Batubara Selamat Arifin, menyertakan beberapa SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) lingkup Pemkab Batubara, seperti Ka Bappeda H Iskandar Lubis, Kadis Perikanan Kelautan Rinaldi, Kadis Perhubungan Asmunan, Kapala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Hamdani Syair, Kadis Perkebunan Zainal dan Kadis Budparpora Helman Herdadi, serta pejabat Pemkab Batubara lainnya. 

Menurut Diky, upaya mengangkat potensi pariwisata Kabupaten Batubara ini yang bila dihubungkan dengan program MP3EI akan sangat erat kaitannya. Dimana diketahui bahwa pelabuhan Kuala Tanjung akan menjadi pelabuhan hub internasional, dan ditambah dengan rencana Pemkab untuk mengembangkan kawasan industri di areal ini, maka dipastikan wilayah Kabupaten Batubara akan menjadi sangat strategis bagi perdagangan internasional.

“Untuk itu industri kepariwisataan di daerah ini tidak boleh tinggal diam memanfaatkan momentum emas ini. Dan untuk mencapai itu perlu dorongan pemerintah dalam mempersiapkan segala sesuatunya agar potensi kepariwisataan ini dilirik oleh investor lokal maupun mancanegara”, ujar Diky.

Diky berharap semangat dan antusiasme Bupati Batuabara H OK Arya dalam upaya mengangkat potensi kepariwisataan yang dimiliki kabupaten ini dapat direspon kelak oleh Pemprovsu dengan alokasi anggaran yang lebih besar kedepan. “Bupati sudah membuktikan keseriusannya dengan bangun beberapa pos pelayanan di pulau Pandang dan Pulau Salanamo, misalnya pos kesehatan dan pos perhubungan. Bahkan Pemkab Batubara berencana membangun penginapan di pulau-pulau tersebut. Harusnya hal ini menjadi perhatian bagi Pemrpovsu untuk mendorong daerah yang benar-benar mau maju”, jelas Tengku Diky.

Akhirnya Tengku Diky yang juga Wakil Sekretaris DPD Partai Demokrat Sumatera Utara ini juga menyampaikan apresiasi dan penghormatan yang tinggi terhadap Bupati Batubara H OK Arya yang dianggapnya sangat gigih memperjuangkan kemajuan di Kabupaten Batubara.

“Apresiasi setingginya saya berikan kepada Pak OK Arya yang sangat gigih dalam memajukan masyarakat di daerah ini. Perlu diketahui bahwa pengakuan atas kegigihan dan semangat beliau itu juga pernah saya dengar langsung dari salah seorang mantan Direksi PTPN III dimana Bupati OK Arya dinilai sebagai Bupati yang paling responsif dalam memfasilitasi proyek Sei Mangke dan kaitannya dalam hal program MP3EI,” ungkapnya.

Karena itu, tambah Diky, diharapkan kedepan pemerintah pusat maupun Pemprovsu dapat memberikan perhatian yang lebih besar bagi Pemkab Batubara agar seluruh program di daerah ini dapat terlaksana. Bagaimanapun juga Pemprovsu maupun pemerintah pusat sedikit banyak akan terimbas dengan keberhasil Kabupaten Batuabara. 

Tinggalkan Komentar

Copyright PEMKAB BATU BARA © 2014 Hak Cipta di Lindungi Pemerintah. Ini situs bersifat informatif bukan merupakan legal opinion dari BAPPEDA Kab. BATUBARA. Apabila terdapat data elektronik bassed yang berbeda dengan data resmi paper, maka yang menjadi acuan adalah data resmi paper based.

Translate »
Kembali ke atas