Website Resmi Bappeda Kabupaten Batu Bara
Musrenbang RKPD Kabupaten Batu Bara Tahun 2022 Reviewed by Momizat on . Pemerintah Kabupaten Batu Bara, melaksanakan kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Batu Bara Tah Pemerintah Kabupaten Batu Bara, melaksanakan kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Batu Bara Tah Rating: 0

Musrenbang RKPD Kabupaten Batu Bara Tahun 2022

Musrenbang RKPD Kabupaten Batu Bara Tahun 2022

Pemerintah Kabupaten Batu Bara, melaksanakan kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Batu Bara Tahun 2022. Kegiatan Musrenbang ini dilaksanakan di Aula Rumah Dinas Bupati Batu Bara pada hari Selasa,  30 Maret 2021.

Kegiatan Musrenbang RKPD Tahun 2022 kembali dilaksanakan menggunakan aplikasi Teleconference (Zoom), mengingat masih perlunya dilaksanakan tindakan pencegahan dan penanggulangan Covid-19.

Hal ini sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri RI Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19. Selain itu, untuk melaksanakan Pergub Sumatera Utara nomor 324 Tahun 2020 tentang Pencegahan dan Peningkatan Pengendalian Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara diperlukan pengaturan pembatasan kegiatan masyarakat, Pelaksanaan Musrenbang dan kegiatan Pemerintahan lainnya.

Acara Musrenbang tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, M.AP, Ketua DPRD, M. Safi’i, SH, Unsur Forkopimda atau perwakilannya (Kapolres, Dandim, Danlanal TBA, Kajari Batu Bara, Danyon 126 KC), Sekretaris Daerah H. Sakti Alam Siregar, SH, Kepala Badan Pusat Statistik, Ir. Gloria Ebenhaezer, M.Si, Bappeda, BPKAD, Inspektorat, dan Dishubkominfo. Sedangkan yang mengikuti secara daring (online) yaitu sebagai berikut:

  1. Gubernur Sumatera Utara, yang diwakili oleh Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumatera Utara melalui Kabid Kewaspadaan dan Penanganan Konflik, Budianto Tambunan. Beliau membacakan Pidato/Sambutan Gubernur Sumatera Utara;
  2. Bappeda Provinsi Sumatera, yang diwakili oleh Sekretaris Bappeda Provinsi Sumatera Utara, Yosi Sukmono, ST. Beliau membawakan materi Arah Kebijakan Pembangunan Provinsi Sumatera Utara Tahun 2022;
  3. Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Utara, melalui UPT Cipta Karya Pematang Siantar;
  4. Perwakilan Pemerintah Daerah sekitar Kabupaten Batu Bara (Tebing Tinggi, Asahan, Sergai dan Simalungun);
  5. Perangkat Daerah dan Kecamatan se-Kabupaten Batu Bara

Dalam Bimbingan dan Arahan Bupati Batu Bara menyampaikan permohonan kepada Provinsi Sumatera Utara untuk mengadakan kembali Bantuan Keuangan Provinsi (BKP) yang akan digunakan untuk pembangunan jalan-jalan kabupaten. Hal ini terutama disebabkan keprihatinan terhadap kondisi jalan di Kabupaten Batu Bara yang masih membutuhkan sumber pendanaan selain APBD Kabupaten.

Pemprovsu tidak dapat membantu pembantu pembangunan jalan kabupaten jika bukan melalui BKP. Bupati juga mengajak seluruh masyarakat untuk berdoa terkait situasi pandemi covid-19 yang belum berakhir di Indonesia, dan pemerintah kabupaten batu bara terus berupaya untuk dapat mengantisipasi pandemi ini.

Perlu kewaspadaan tinggi terkait ancaman Covid-19 yang bisa melonjak tiba-tiba terutama terkait varian virus baru. Dalam arahannya, Bupati Batu Bara berpesan agar kita harus menyeimbangkan antara Pemberantasan Penanggulangan Covid dengan Pertumbuhan Ekonomi. Meneruskan arahan Presiden RI, bahwa Pembangunan harus berfokus pada Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Sesuai tema RKPD Kabupaten Batu Bara Tahun 2022 “PEMANTAPAN PEMULIHAN EKONOMI DAN KEHIDUPAN MASYARAKAT MENUJU MASYARAKAT INDUSTRI YANG SEJAHTERA, MANDIRI, DAN BERBUDAYA, RKPD Kabupaten Batu Bara Tahun 2022 merupakan momentum penting dan strategis bagi Pemulihan Ekonomi Masyarakat di Kabupaten Batu Bara terutama yang terdampak pandemi Covid-19.

RKPD tahun 2022 menjadi acuan dalam penyusunan R-APBD tahun 2022, yang merupakan tahun keempat pelaksanaan RPJMD kabupaten batu bara tahun 2019-2023. Penyusunan RKPD tetap dilakukan dengan penguatan pelaksanaan kebijakan money follow program priority, sehingga kebijakan penganggaran yang dilakukan berbasis pada program prioritas kabupaten yang mengacu pada prioritas provinsi dan nasional.

Penguatan tersebut dilaksanakan dengan pendekatan tematik, holistik, integratif dan spasial, yang memprasyaratkan sinergisitas dan pembagian tugas yang jelas antar organisasi perangkat daerah dalam menjalankan suatu program atau kegiatan prioritas. melalui musrenbang RKPD Kabupaten Batu Bara Tahun 2022,  diharapkan akan dihasilkan dokumen RKPD yang berkualitas sebagai penjabaran visi Bupati dan Wakil Bupati Batu Bara, yaitu “menjadikan masyarakat kabupaten batu bara masyarakat industri yang sejahtera mandiri dan berbudaya”.

Pada kegiatan Musrenbang tersebut, Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, MAP  juga menyampaikan 5 (lima) prioritas pembangunan kabupaten Batu Bara tahun 2022, yaitu:

  1. Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Pemenuhan Kualitas Pendidikan, Kesehatan dan Pelayanan Dasar Lainnya;
  2. Pembangunan infrastruktur berkelanjutan melalui penguatan konektivitas antar wilayah dan pusat-pusat produksi;
  3. Peningkatan daya saing, kesempatan kerja dan berusaha melalui penguatan dan peningkatan nilai tambah industri, agraris, pariwisata dan ekonomi kreatif;
  4. Peningkatan kualitas lingkungan hidup dan energi;
  5. Peningkatan tata kelola pemerintahan dan penegakan hukum serta pelayanan publik berbasis sistem teknologi informasi dan inovasi.

Sedangkan arah kebijakan pembangunan tahun 2022 mendatang difokuskan pada upaya pengoptimalan dan mensinergikan serta mempercepat pencapaian pembangunan yang berfokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dan daya saing daerah. Kebijakan tahun keempat ini berfokus pada pengembangan investasi pada berbagai bidang.

Keseluruhan pelaksanaan Musrenbang Kabupaten Batu Bara berjalan dengan lancar dan khidmat. Agenda foto bersama dengan Ketua DPRD, Unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah, dan Perangkat Daerah terkait. Selanjutnya paparan dr masing-masing narasumber dan ditutup pukul 13.00 oleh WIB oleh Bapak Sekretaris Daerah, H. Sakti Alam Siregar, SH.

Tinggalkan Komentar

 

Copyright PEMKAB BATU BARA © 2014 Hak Cipta di Lindungi Pemerintah. Ini situs bersifat informatif bukan merupakan legal opinion dari BAPPEDA Kab. BATUBARA. Apabila terdapat data elektronik bassed yang berbeda dengan data resmi paper, maka yang menjadi acuan adalah data resmi paper based.

Kembali ke atas