Kabupaten Batu Bara Jelang 8 Tahun Reviewed by Momizat on . Oleh : T.Alkisah Led.  TANGGAL 8 Desember 2014, Kabupaten Batu bara genap berusia delapan tahun. Bekas satu di antara empat kewedanaan di Kabupaten Asahan terse Oleh : T.Alkisah Led.  TANGGAL 8 Desember 2014, Kabupaten Batu bara genap berusia delapan tahun. Bekas satu di antara empat kewedanaan di Kabupaten Asahan terse Rating: 0

Kabupaten Batu Bara Jelang 8 Tahun

Kabupaten Batu Bara Jelang 8 Tahun

Oleh : T.Alkisah Led. 


TANGGAL 8 Desember 2014
, Kabupaten Batu bara genap berusia delapan tahun. Bekas satu di antara empat kewedanaan di Kabupaten Asahan tersebut disahkan sebagai kabupaten dalam sidang paripurna DPR RI 8 Desember 2006. 

Menjelang delapan tahun usianya, tiga dari tujuh kecamatan daerah itu tergolong maju dalam pembangunan. Ketiganya berada di kawasan utara, yaitu, Medang Deras, Sei Suka dan Kecamatan Air Putih.

Medang Deras misalnya. Terlihat jelas pada beberapa desa. Di antaranya kawasan access road (jalan khusus) proyek Peleburan Aluminium menuju Kuala Tanjung.

Sejak dari Desa Pakam, sampai Kebun Ubi di kawasan yang lebih dikenal dengan nama, Pajak Sore. Demikian juaga Desa Lalang yang memiliki obyek wisata terkenal, Pantai Perjuangan.

Banyak bangunan perumahan baru di kiri kanan jalan. Karenanya, kawasan tersebut kini menjadi cukup ramai. Apalagi banyak warga daerah lain mandah.

Demikian juga Kecamatan Sei Suka di perbatasan jurusan selatannya. Juga terlihat nyata. Seperti kawasan yang dikenal bernama Kebun Kopi.

Bangunan rumah, toko dan gudang banyak terdapat di kawasan itu.

Sampai di kawasan Simpang Kuala Tanjung, kondisi daerah yang masuk Desa Tanjung Gading tersebut cukup ramai.

Apalagi Kecamatan Air Putih, malah lebih maju dan berkembang. Bukan hanya pusat pemerintahannya Indrapura. Beberapa desa berdampingan juga kelihatan terus membangun.

Seperti Tanah Merah. Komplek perumahan baru tidak satu dan tidak dua. Selain ada di kawasan Simpang Empat, juga ada di kawasan ujung desa, tidak jauh dengan perbatasan Desa Tanjung Muda. Atau SMP Negeri 3 Air Putih.

Desa Sipare-pare juga demikian. Terutma kawasan menuju perbatasan dengan Kecamatan Sei Suka atau jembatan sungai Sipare-pare.

Setelah dua hotel, Batu Indah dan Mutiara Indah, beberapa waktu lalu muncul dua rumah makan. Meski satu di antaranya sudah tutup tapi di tempat sama dibuka bengkel mobil.

Disampingnya juga kini sedang dalam tahap peningkaan dan pengerasan pertapakan untuk satu bangunan baru yang terbilang luas.

Itulah tiga kecamatan di utara Batubara. Beda dengan Kecamatan Limapuluh sebagai pusat pemerintahan. Khususnya di Kelurahan Limapuluh.

Perumahan yang ada merupakan bangunan lama.Yang baru boleh dikata hanya ada di kawasan Jalan Perintis Kemerdekaan menuju Simpang Dolok.

Selain Kantor DPRD, ada Kantor Bupati dan Kementerian Agama (Kemenag), Komisi Pemilihan Umum (KPU), kantor Dinas Kesehatan yag dahulunya Kantor Camat yang kini pindah tidak jauh dari Kantor DPRD.

Itulah tiga kecamatan dan pusat pemerintahan Batubatra menjelang delapan tahun usianya. Tiga keamatan lain, seperti Tanjung Tiram, Talawi dan Sei Balei, biasa-biasa saja.

Semoga pada usia delapan tahun, Batubara semakin berkembang dan maju dalam pembangunan sesuai harapan warganya. Mudah-mudahan.

Sumber : Analisa

Tinggalkan Komentar

Copyright PEMKAB BATU BARA © 2014 Hak Cipta di Lindungi Pemerintah. Ini situs bersifat informatif bukan merupakan legal opinion dari BAPPEDA Kab. BATUBARA. Apabila terdapat data elektronik bassed yang berbeda dengan data resmi paper, maka yang menjadi acuan adalah data resmi paper based.

Translate »
Kembali ke atas