Januari 2014 KTP, KK, Akta Lahir Gratis Reviewed by Momizat on . BATUBARA - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Batubara Muhammad Nasir menyebutkan, terhitung 1 Januari 2014, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batubara mem BATUBARA - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Batubara Muhammad Nasir menyebutkan, terhitung 1 Januari 2014, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batubara mem Rating: 0

Januari 2014 KTP, KK, Akta Lahir Gratis

ktp-kk

BATUBARA –¬†Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Batubara Muhammad Nasir menyebutkan, terhitung 1 Januari 2014, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batubara membebaskan biaya administrasi pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran, dan akta kematian.

Hal itu diketahui Mohammad Nasir dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi ketika melakukan pelantikan Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Djohermansyah Djohan menjadi penjabat gubernur Riau, di Gedung Sasana Bakti Kemendagri, Jakarta, Kamis (21/11) pagi.

Menurut Nasir, apabila nanti ada aparat yang masih memungut biaya penJanuari 2014 KTP, KK, Akta Lahir Gratisgurusan administrasi warga, diancam pidana 2 tahun penjara atau denda seberat-beratnya Rp 25 juta. 

“Kalau masih ada yang coba-coba memungut biaya, maka itu disebut sebagai pungli (pungutan liar) dan akan diberi sanksi sesuai peraturan dan Undang-Undang yang berlaku.

Muhammad Nasir menjelaskan, semua penerbitan dokumen kependudukan dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) di seluruh kabupaten/kota di Indonesia. 

Karena itu, warga tidak perlu lagi ke pengadilan hanya untuk mendapatkan Akta Kelahiran sebutnya.

“Akta Kelahiran yang menerbitkan Dinas Dukcapil, tidak perlu lagi ke pengadilan yang membutuhkan waktu satu tahun untuk pembuatannya,” kata Nasir.

Menurut Nasir, untuk pelaksanaan pelayanan administrasi masyarakat itu pihaknya akan memberikan pelatihan kepada seluruh pegawai Disdukcapil tentang bagaimana mempergunakan mesin pencetakan e-KTP.

Mengenai masa berlaku KTP yang semula 5 (lima) tahun, dengan berlakunya KTP elektronik (e-KTP) kata Nasir, maka mulai 1 Januari 2014 akan diperpanjang sampai seumur hidup. “Syaratnya, tidak ada perubahan elemen data dalam KTP tersebut,” ungkap Nasir.

Sumber : MedanBisnis

Tinggalkan Komentar

Copyright PEMKAB BATU BARA © 2014 Hak Cipta di Lindungi Pemerintah. Ini situs bersifat informatif bukan merupakan legal opinion dari BAPPEDA Kab. BATUBARA. Apabila terdapat data elektronik bassed yang berbeda dengan data resmi paper, maka yang menjadi acuan adalah data resmi paper based.

Translate ¬Ľ
Kembali ke atas