Hasil Musrenbangnas Reviewed by Momizat on . Setelah melalui tahapan Sidang Pleno dan Sidang Kelompok selama empat hari dalam forum Musrembangnas 2010 Pemerintah Pusat dan Daerah bersepakat untuk menetapka Setelah melalui tahapan Sidang Pleno dan Sidang Kelompok selama empat hari dalam forum Musrembangnas 2010 Pemerintah Pusat dan Daerah bersepakat untuk menetapka Rating: 0

Hasil Musrenbangnas

Hasil Musrenbangnas

Setelah melalui tahapan Sidang Pleno dan Sidang Kelompok selama empat hari dalam forum Musrembangnas 2010 Pemerintah Pusat dan Daerah bersepakat untuk menetapkan 11 prioritas pembangunan nasional 2011.

“Forum Musrenbangnas 2010 ini sangat penting bagi kita semua dalam membangun kesepahaman, membuat kesepakatan, dan memadukan strategi program dan kegiatan untuk mendukung pelaksanaan prioritas pembangunan nasional tahun 2011,” ucap Wakil Wakil Menteri Bappenas, Lukita Dinarsyah Tuwo saat menutup Musrembangnas 2011, di Balai Kartini, Jakarta, Sabtu (1/5).

Ia menuturkan, prioritas nota kesepahaman Pembangunan tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman. Adapun 11 prioritas pembangunan yang dimaksud adalah, reformasi birokrasi dan tata kelola, pendidikan, kesehatan, penanggulangan kemiskinan, ketahanan pangan, infrastruktur, iklim investasi dan usaha, energi, lingkungan hidup dan bencana, daerah tertinggal, terdepan, terluar, dan paskakonflik, serta kebudayaan, kreativitas, dan inovasi teknologi.Lukita menjelaskan, selain 11 prioritas tersebut, pihaknya juga mefokuskan diri pada 3 bidang, yakni, bidang politik, hukum dan keamanan (polhukam), bidang perekonomian; dan bidang kesejahteraan rakyat.

Nota Kesepahaman antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam rangka memantapkan perencanaan pembangunan nasional tahun 2011 secara terpadu, sinergis, dan koordinatif, dalam semangat desentralisasi dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ia menambahkan, Kesepakatan bersama dimaksud, dilakukan dalam rangka melaksanakan arahan pembangunan dan tindak lanjut dari Inpres No. 3 Tahun 2010 tentang Program Pembangunan yang Berkeadilan dan kesinambungan pelaksanaan Inpres No. 1 Tahun 2010 tentang Percepatan Pelaksanaan Prioritas Pembangunan Nasional Tahun 2010, serta memperhatikan kondisi internal dan eksternal bangsa tahun 2010.

Lebih lanjut Lukita mengatakan, Musrembangnas ini merupakan bagian dari proses penyelenggaraan Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional sesuai dengan amanat Undang-Undang No. 25 Tahun 2004, maka dalam perencanaan pembangunan tahun 2011. Dalam fotum ini dimaksudjan untuk menyempurnakan Rancangan Awal RKP dan Renja?K/L tahun 2011 untuk dalam penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA?K/L) yang merupakan mata rantai dalam proses penyusunan APBN tahun 2011.

Setelah Musrenbangnas tahun 2010, tahapan berikutnya dari alur proses penyusunan Rancangan Akhir RKP 2011 adalah Rapat Koordinasi Pembangunan Pusat (Rakorbangpus) II yang akan diselenggarakan pada Selasa, tanggal 4 Mei 2010 di Bappenas. Tujuan dan penyelengaraan Rakorbangpus II adalah untuk memastikan bahwa hasil kesepakatan Musrenbangnas 2010 dituangkan ke dalam prorgam dan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh kementerian/lembaga pada tahun 2011.

Tinggalkan Komentar

Copyright PEMKAB BATU BARA © 2014 Hak Cipta di Lindungi Pemerintah. Ini situs bersifat informatif bukan merupakan legal opinion dari BAPPEDA Kab. BATUBARA. Apabila terdapat data elektronik bassed yang berbeda dengan data resmi paper, maka yang menjadi acuan adalah data resmi paper based.

Translate »
Kembali ke atas