Bupati Batubara: Musrenbang Harus Lahirkan Program Bermanfaat. Reviewed by Momizat on . Sei Suka, (Analisa) - Bupati Batubara H OK Arya Zulkarnain SH MM mengatakan, Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) harus melahirkan keputusan, program Sei Suka, (Analisa) - Bupati Batubara H OK Arya Zulkarnain SH MM mengatakan, Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) harus melahirkan keputusan, program Rating: 0

Bupati Batubara: Musrenbang Harus Lahirkan Program Bermanfaat.

Bupati Batubara: Musrenbang Harus Lahirkan Program Bermanfaat.
Sei Suka, (Analisa) – Bupati Batubara H OK Arya Zulkarnain SH MM mengatakan, Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang)
harus melahirkan keputusan, program dan perencanaan matang yang mampu dilaksanakan dan bermanfaat bagi masyarakat.

Bupati mengatakan hal tersebut dalam sambutannya pada pembukaan Musrenbang 2012 daerah itu di Gedung MPH Kota Tanjung Gading Kecamatan Sei Suka Senin (26/3) pagi. 

Selain jajaran Pemerintah kabupaten (Pemkab) Batubara, Musrenbang itu turut dihadiri Sekretaris Bappeda Sumatera Utara (Sumut) Ir Tetty Magdalena Nasution Msi, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Menurut Bupati, untuk merumuskan dan menetapkan satu kesimpulan tidak mudah. Pola pikir masyarakat berbeda. Karenanya diharapkan agar para Camat memberi saran, petunjuk dan arahan yang tepat agar para tokoh masyarakat itu dapat memahami dan memaklumi rencana dan program yang akan ditetapkan. Yang utama, berguna bagi masyarakat dan pada akhirnya memajukan daerah sehingga mampu menjadi daerah yang sama dan setara dengan bebrapa kabupaten-kota lain di Indonesia umumnya dan Sumut khususnya.

Pada acara itu juga, Bupati menyempatkan menyampaikan hasil evaluasi daerah otonomi baru (Edob) Indonesia usia tiga dan empat tahun. Batubara berada pada ranking IV dari 57 daerah yang dievaluasi secara nasional, setelah Kota Mobabu di Sulawesi Utara, Pidi Jaya di Aceh dan Kubu Raya di Kalimantan Selatan.

Sebelumnya, Kepala Bappeda Batubara diwakili Sekretaris Ahmad Enstin menjelaskan, Musrenbang tersebut merupakan Forum Musyawarah Stakehoder untuk mematangkan rancangan awal Rencna Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) kabupaten berdasarkan Rencana Kerja (Renja) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang dihasilkan melalui forum SKPDmenjadi RKPD Kabupaten.

Kemudian menyamakan RKPD kabupaten dan RKPD Provinsi dengan rancangan Renja Kementerian dan Lembaga (KL) dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP), khususnya dalamn kegiatan tugas pembantuan dan dekonstrasi.

Kesemuanya bertujuan mendapatkan masukan akhir untuk menyusun RKPD kabupaten sebagai dasar pemutakhiran kebijakan anggaran APBD Kabupaten, APBD Provinsi, Dana Alokasi Khusus (DAK) dan sumber dana lainnya.

Turut menyampaikan sambutan pada upacara tersebut Ketua DPRD Batubara Selamat Arifin SE Msi. Selain jajaran Pemkab Batubara, acara turut dihadiri Ketua Fraksi Golkar DPRD Nafiar S Pd dan Fraksi Andil, Paijan MS. Musrenbang Batubar tersebut berlangsung selama tiga hari. (al)

Tinggalkan Komentar

Copyright PEMKAB BATU BARA © 2014 Hak Cipta di Lindungi Pemerintah. Ini situs bersifat informatif bukan merupakan legal opinion dari BAPPEDA Kab. BATUBARA. Apabila terdapat data elektronik bassed yang berbeda dengan data resmi paper, maka yang menjadi acuan adalah data resmi paper based.

Translate ¬Ľ
Kembali ke atas