Bappeda Pastikan Tak Ada Penundaan Finalisasi RTRW Reviewed by Momizat on . Sindo, Batubara - Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Batubara Azwar Hamid memastikan, tidak akan ada lagi penundaan dalam penyelesaian Ra Sindo, Batubara - Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Batubara Azwar Hamid memastikan, tidak akan ada lagi penundaan dalam penyelesaian Ra Rating: 0

Bappeda Pastikan Tak Ada Penundaan Finalisasi RTRW

Bappeda Pastikan Tak Ada Penundaan Finalisasi RTRW

Sindo, Batubara – Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Batubara Azwar Hamid memastikan,

tidak akan ada lagi penundaan dalam penyelesaian Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW) setempat.

Diperkirakan, seluruh rancangan yang telah dipersiapkan, akan segera menjadi produk peraturan daerah (perda) pada akhir Oktober 2011 mendatang. “Pada tingkat persiapan semuanya telah selesai. Kami juga telah melakukan konsultasi yang diperlukan dengan pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Pada dasarnya tidak ada hambatan yang berarti,” ujar Azwar Hamid usai mengadakan pertemuan dengan staf yang menangani RTRW di Kantor Bupati Batubara, Limapuluh, Selasa(13/9) Proses finalisasi,terangnya, akan disegerakan.Ini mengingat vitalnya fungsi tata ruang dalam pelaksanaan sejumlah program pembangunan secara umum.Bukan, hanya berkaitan dengan pembangunan Batubara, tetapi juga pada perkembangan daerah Sumatera Utara, bahkan nasional. 

Khususnya jika mempertimbangkan letak strategis Batubara dalam rancang bangun pertumbuhan ekonomi Indonesia.“15-16 September kami akan memaparkan RTRW Batubara yang telah disusun di Kementerian Pekerjaan Umum,”lanjut Azwar. Berikutnya, setelah pemaparan pemerintah pusat akan mengeluarkan rekomendasi yang ditujukan kepada pemerintah daerah, agar rancangan yang dibuat disyahkan melalui mekanisme persetujuan DPRD. 

“Mungkin setelah dua pekan ekspos di Kementerian,RTRW itu akan segera di ajukan ke Dewan untuk mengalami proses legislasi. Menurut saya tidak lebih lama dari itu. Selanjutnya, kita tinggal menunggu pembahasan mereka saja”papar dia. Menanggapi proses penyelesaian RTRW tersebut, kalangan DPRD berpendapat,secara prinsip semakin cepat tuntas akan semakin baik.

Namun, Dewan tidak berharap rancangan yang dibuat merupakan produk asal jadi. Apalagi jika mempertimbangkan bahwa tata ruang yang bakal dimiliki akan di-pergunakanhinggatigadasawarsake depan. DPRD, juga memastikan tidak akan mengambil sikap sekadar menyetujui tanpa dikaji lebih mendalam 

Tinggalkan Komentar

Copyright PEMKAB BATU BARA © 2014 Hak Cipta di Lindungi Pemerintah. Ini situs bersifat informatif bukan merupakan legal opinion dari BAPPEDA Kab. BATUBARA. Apabila terdapat data elektronik bassed yang berbeda dengan data resmi paper, maka yang menjadi acuan adalah data resmi paper based.

Translate »
Kembali ke atas