Asahan, Tanjungbalai, Batu Bara Dukung Provinsi Aslab Reviewed by Momizat on . Tanjungbalai, (Analisa) - Tiga kepala daerah yakni, Walikota Tanjungbalai Drs H Thamrin Munthe Mhum, Bupati Asahan Drs H Taufan Gamma Simatupang MAP, dan Bupati Tanjungbalai, (Analisa) - Tiga kepala daerah yakni, Walikota Tanjungbalai Drs H Thamrin Munthe Mhum, Bupati Asahan Drs H Taufan Gamma Simatupang MAP, dan Bupati Rating: 0

Asahan, Tanjungbalai, Batu Bara Dukung Provinsi Aslab

Asahan, Tanjungbalai, Batu Bara Dukung Provinsi Aslab

Tanjungbalai, (Analisa) – Tiga kepala daerah yakni, Walikota Tanjungbalai Drs H Thamrin Munthe Mhum, Bupati Asahan Drs H Taufan Gamma Simatupang MAP,

dan Bupati Batu Bara OK Arya, menyatakan sudah saatnya pembentukan Provinsi Asahan Labuhan Batu (Aslab).

“Seyogiyanya pertemuan ini juga akan dihadiri saudara kita serumpun lainnya yakni Bupati Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara dan Labuhanbatu Selatan, namun karena sifatnya spontanitas maka akan dilakukan pada pertemuan selanjutnya” ungkap Walikota Tanjungbalai Drs H Thamrin Munthe MHum saat memberikan sambutan dalam pertemuan silaturrahmi serumpun dengan Bupati Asahan dan Bupati Batu Bara OK Arya di pendopo rumah dinas Walikota Tanjungbalai, Sabtu (10/9) malam.

Walikota Tanjungbalai mengatakan, berdasarkan letak geografis dan kekayaan sumber daya alam kawasan Aslab, lebih memungkinkan untuk dijadikan wilayah provinsi. Bila ini menjadi kesepakatan bersama masyarakat dan pemimpinnya dikawasan ini hal itu akan mudah terwujud dan disetujui pemerintah pusat.

“Artinya provinsi Aslab akan lebih siap dari daerah lainnya bila menjadi daerah propinsi maka pertemuan seperti ini akan digagas secara rutin antar daerah minimal 3 bulan sekali sehingga membawa mamfaat bagi percepatan pembangunan disetiap daerahnya,” katanya
Sementara itu Bupati Batu Bara OK Arya mengatakan, keinginan masyarakat untuk melahirkan propinsi Aslab ini bukan sekadar khayalan, sebab fakta menyatakan bahwa 70 persen potensi Sumut itu ada diwilayah Aslab. Maka banyak hal yang harus dilakukan kepala daerah di Aslab terutama Asahan, Batu Bara dan Tanjungbalai ini.

“Saat ini pemerintah pusat sedang menjalankan program MP3EI yang akan mempercepatan pembangunan ekonomi dan kluster untuk kawasan Indonesia bagian Barat itu ada di Kabupaten Batu Bara, Asahan dan Tanjungbalai maka bila terjalin kerjasama yang kuat antar daerah dikawasan ini akan mewujudkan provinsi yang maju dan kaya akan SDA”ujarnya.

Cikal Bakal

Sedangkan Bupati Asahan Drs H Taufan Gamma Simatupan MAP berpendapat, pertemuan antara kepala daerah Asahan, Batu Bara dan Tanjungbalai ini akan menjadi cikal bakal terjalinnya kerjasama yang lebih luas dikawasan Aslab. Sebab daerah dikawasan ini tidak dapat dilepaskan atau terpisahkan oleh kekuasan karena sejak dahulu memiliki struktur masyarakat yang sama.

“Masyarakat kita memiliki budaya yang sama dan disatukan oleh system kekerabatan yang sama maka tidak sulit untuk menyatukan visi demi kepentingan kesejahteran masyarakatnya” kata Taufan.

Untuk mendukung keinginan menjadi propinsi Aslab itu katanya kepala daerah agar terus melakukan upaya kerjasama yang lebih erat. Sehingga percepatan pembangunan ekonomi dikawasan ini akan lebih terpacu.

“Kita harus dapat memajukan daerah ini melalui kerjasama barulah kita meminta merdeka dari propinsi Sumut dan bukan pekerjaan yang sulit bila kita lakukan bersama sama,” tuturnya.

Silaturrahmi serumpun yang diadakan di Pemko Tanjungbalai ini dihadiri wakil walikota Tanjungbalai Rolel Harahap, Wakil Bupati Asahan Surya Bsc, Dandim 0208 Asahan, Ketua DPRD Batu Bara, Ketua DPRD Tanjungbalai dan seluruh Sekda berserta SKPD ke tiga daerah. 

Tinggalkan Komentar

Copyright PEMKAB BATU BARA © 2014 Hak Cipta di Lindungi Pemerintah. Ini situs bersifat informatif bukan merupakan legal opinion dari BAPPEDA Kab. BATUBARA. Apabila terdapat data elektronik bassed yang berbeda dengan data resmi paper, maka yang menjadi acuan adalah data resmi paper based.

Translate ¬Ľ
Kembali ke atas