AS Harapkan Sumut Jadi Tuan Rumah APEC 2013 Reviewed by Momizat on . ROL, MEDAN -- Pemerintah Amerika Serikat mengharapkan Provinsi Sumatera Utara dapat menjadi tuan rumah pertemuan kerja sama Asia Pasifik (Asia Pacific Economic ROL, MEDAN -- Pemerintah Amerika Serikat mengharapkan Provinsi Sumatera Utara dapat menjadi tuan rumah pertemuan kerja sama Asia Pasifik (Asia Pacific Economic Rating: 0

AS Harapkan Sumut Jadi Tuan Rumah APEC 2013

AS Harapkan Sumut Jadi Tuan Rumah APEC 2013

ROL, MEDAN — Pemerintah Amerika Serikat mengharapkan Provinsi Sumatera Utara dapat menjadi tuan rumah pertemuan kerja sama Asia Pasifik (Asia Pacific Economic Cooperation/APEC) tahun 2013,  

karena dinilai memiliki potensi ekonomi yang menjanjikan. Harapan itu disampaikan Asisten Menteri Luar Negeri AS Bidang Asia Tenggara, Joseph Yun, saat bertemu dengan Pelaksana Tugas Gubernur Sumut, Gatot Pujo Nugroho, di Medan, Jumat.

Gatot memaparkan berbagai peluang ekonomi dan investasi di Sumut, khususnya yang berkaitan dengan Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

Plt Gubernur Sumut itu, menjelaskan, daerahnya sedang melakukan pengembangan sejumlah proyek strategis terkait keberadaan provinsi itu sebagai koridor ekonomi Indonesia di wilayah barat.

Dalam pengembangan industri perkebunan, Sumut memiliki Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangke di Kabupaten Simalungun, untuk mengolah berbagai indutri turunan dari minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO).

Sumut juga memiliki program pengembangan kluster karet yang berlokasi di Sei Bamban, Kabupaten Serdang Bedagai.

Guna mendukung ekspor berbagai hasil industri tersebut, Sumut sedang mengembangkan keberadaan Pelabuhan Kuala Tanjung di Kabupaten Batubara.

Sedangkan untuk mendukung transportasi ke daerah lain, disiapkan Bandara Kualanamu di Kabupaten Deli Serdang yang bertaraf internasional, dan akan dioperasikan pada awal tahun 2013.

Pihaknya mengharapkan kerja sama di bidang ekonomi antara Sumut dan AS yang telah ada selama ini, dapat ditingkatkan.

Mendengarkan pemaparan tersebut, Joseph Yun mengungkapkan kekagumannya, dan menyatakan bahwa Sumut sebagai daerah yang sangat menarik untuk menjadi tujuan investasi.

Didampingi Pejabat Senior Kementerian Luar Negeri AS untuk Indonesia, Andrew Herrup, Joseph menyatakan akan mengusulkan agar Sumut menjadi tuan rumah pertemuan APEC mendatang.

“Ini semua akan kami sampaikan. Saya bersama Andrew Herrup akan memperjungkan Kota Medan menjadi tuan rumah APEC 2013,” kata dia lagi.

Menanggapi harapan itu, Gatot mengungkapkan apresiasi karena diplomat AS tertarik untuk menjadikan Sumut, terutama Kota Medan menjadi tuan rumah APEC 2013.

“Itu menjadi spirit bagi kami, karena event-event seperti itu akan menumbuhkembangkan daerah ini,” kata Gatot pula.

Tinggalkan Komentar

Copyright PEMKAB BATU BARA © 2014 Hak Cipta di Lindungi Pemerintah. Ini situs bersifat informatif bukan merupakan legal opinion dari BAPPEDA Kab. BATUBARA. Apabila terdapat data elektronik bassed yang berbeda dengan data resmi paper, maka yang menjadi acuan adalah data resmi paper based.

Translate »
Kembali ke atas